ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 JAMBU

Nada, Qotrun (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 JAMBU. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_QOTRUN NADA_23070170114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu dalam mengerjakan soal cerita mata pelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu hasil tes tertulis. Pengumpulan data ini dilakukan melalui tes tertulis dengan siswa dari kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika materi SPLDV adalah kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya, kesulitan dalam menentukan rumus yang akan digunakan dalam mengerjakan soal, dan kesulitan menggunakan operasi hitung yang benar. Untuk siswa KMT tidak mengalami kesulitan apapun dalam mengerjakan soal tipe sedang ataupun sulit yang diberikan. Sedangkan siswa KMS masih mengalami kesulitan menggunakan operasi hitung yang benar pada soal tipe sedang dan mengalami kesulitan dalam menentukan rumus yang akan digunakan pada soal tipe sulit. Lalu untuk siswa KMR masih mengalami kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya pada soal tipe sulit dan masih kesulitan menggunakan operasi hitung bilangan yang benar pada soal tipe sedang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2022 12:56
Last Modified: 23 Mar 2022 06:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item