PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2021/2022

SAFITRI, ANIS (2022) PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
(REVISI)ANIS SAFITRI 23070170116-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Safitri, Anis. 2021. Pengaruh Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pola Bilangan Kelas viii Smp Negeri 1 Bergas. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Blended Learning; Pemahaman Konsep; Pengaruh Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan blended learning, mengetahui adanya pengaruh blended learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Bergas tahun ajaran 2021/2022, mengetahui besar pengaruh blended learning terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) yaitu pretest posttest only control design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes uraian pemahaman konsep matematika. Pengujian hipotesis yang digunakan peneliti adalah uji independent sample t-test kemudian untuk mengetahui pengaruhnya dilihat dari selisih hasil pretest-posttest kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil posttest sebesar 10,94 dengan standar deviasi 13,28. Terdapat pengaruh blended learning terhadap pemahaman konsep matematika pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Bergas dengan hasil perbedaan rata-rata nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Besar pengaruh blended learning terhadap pemahaman konsep dengan menggunakan rumus Cohen’s sebesar 1,68 atau 95,3% dengan kategori tinggi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2022 16:31
Last Modified: 23 Mar 2022 09:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item