PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020)

tusiyani, Ira (2022) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ira Tusiyani (63010170140) Perbankan Syariah S1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah merupakan Lembaga keuangan yang menghimpun dan menyalurkannya kepada nasabah dalam bentuk pembiayaan. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh DPK dan NPF terhadap pembiayaan bagi hasil pada bank umum syariah di Indonesia tahun 2016-2020. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan dengan purpose sampling. Jumlah populasinya sebanyak 14 bank umum syariah di Indonesia, dengan jumlah sampel sebanyak 10 bank umum syariah sesuai dengan karakteristik penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel yang diolah menggunakan eviews 10. Hasil penelitian ini adalah DPK tidak berpengaruh negatif secara signifikan terhadap profitabilitas. NPF tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap profitabilitas. Pembiayaan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. DPK berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil NPF berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil. Pembiayaan bagi hasil tidak memediasi DPK dan NPF terhadap profitabilitas. DPK, NPF dan pembiayaan bagi hasil secara simultan dapat berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2022 20:08
Last Modified: 23 Mar 2022 13:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13315

Actions (login required)

View Item View Item