PENGGUNAAN MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PLUS DAARUL AHGAFF KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SAFITRI, RIA (2022) PENGGUNAAN MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PLUS DAARUL AHGAFF KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Safitri, Ria. 2021. Penggunaan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd Kata Kunci: Modul IPA; Hasil Belajar; dan Project Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Langkah-langkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul IPA berbasis Project Based Learning (Pjbl) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Plus Daarul Ahgaff Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Siklus I didapatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 58%, 5 siswa dinyatakan tuntas dan 30 siswa dinyatakan tidak tuntas Sedangkan pada Siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 85.2%, 31 siswa dinyatakan tuntas dan 4 siswa dinyatakan tidak tuntas. Penelitian ini dapat dikatakan telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan yaitu KKM >75 dan ketuntasan klasikal yang diperoleh lebih dari 85% dari seluruh siswa kelas VII SMP Plus Daarul Ahgaff pada siklus II, maka penelitian ini dikatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2022 16:23
Last Modified: 29 Mar 2022 10:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item