EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DESTINASI WISATA UMBUL SENJOYO DALAM PENGEMBANGAN MATEMATIKA SMP MATERI BANGUN RUANG

Nariswari, Sintitia Autorita (2022) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DESTINASI WISATA UMBUL SENJOYO DALAM PENGEMBANGAN MATEMATIKA SMP MATERI BANGUN RUANG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SINTITIA AUTORITA NARISWARI 23070170125.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nariswari, Sintitia Autorita. 2021. Eksplorasi Etnomatematika Destinasi Wisata Umbul Senjoyo dalam Pengembangan Matematika SMP Materi Bangun Ruang. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Eksplorasi, Etnomatematika, Umbul Senjoyo, dan Bangun Ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep matematika yang memuat materi bangun ruang dengan objek penelitian berupa bangunan-bangunan di kawasan Umbul Senjoyo, dan tujuan lainnya untuk melakukan pengembangan matematika SMP serta mengetahui implementasi etnomatematika yang seperti apa tentunya sesuai diterapkan ke dalam pembelajaran matematika di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini antara lain: (1) jenis penelitian berupa penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode etnografi; (2) lokasi penelitian berada di kawasan destinasi wisata Umbul Senjoyo dengan rentang waktu penelitian dimulai pada 28 Juni 2021 hingga 7 Desember 2021; (3) sumber data yang digunakan yaitu data berjenis sekunder dan primer, data sekunder diambil dari penelitian-penelitian terdahulu seperti artikel, jurnal, majalah, dan skripsi. Sedangkan, data primer didapat secara langsung dari narasumber yaitu ahli budaya di Salatiga, juru kunci Umbul Senjoyo, dan guru matematika SMP; (4) prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara; (5) untuk analisis datanya mengacu pada model Miles and Huberman di antaranya data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification; (6) sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Kesimpulan atau hasil yang didapat dari penelitian ini adalah (1) penelitian ini berupa penelitian eksplorasi etnomatematika, dan hasil yang didapat berupa penemuan konsep-konsep matematika pada bangunan-bangunan di kawasan Umbul Senjoyo. Bahwa pada bangunan-bangunannya memuat konsep matematika yaitu konsep geometri dalam bentuk bidang datar (seperti persegi, trapesium, segitiga, dan lingkaran) dan memuat materi bangun ruang (seperti kubus, limas, prisma, balok, dan silinder). (2) Berdasarkan pernyataan yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa pada bangunan-bangunan di kawasan destinasi wisata Umbul Senjoyo memuat konsep matematika, maka peneliti menyusun LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) kelas VIII khususnya pada materi bangun ruang sisi datar sebagai bentuk implementasi pembelajaran matematika.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2022 16:33
Last Modified: 29 Mar 2022 10:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item