EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP NAHDLATUL ULAMA (NU) SURUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ANISA, NINA NUR (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP NAHDLATUL ULAMA (NU) SURUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi NINA NUR ANISA 23060170032.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi NINA NUR ANISA 23060170032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan model pembelajaran Guided Discovery pada siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama (NU) Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) mengetahui penggunaan model pembelajaran Guided Discovery efektif terhadap hasil belajar IPA materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama (NU) Suruh Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian berjenis kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, didapat kelas VII B sebagai kelas studi. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran dan uji daya beda soal. Adapun metode mengambilan data dilakukan dengan pretest dan posttest. Analisis data penelitian dengan uji T-Test (Paired Sample Test) menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup diperoleh nilai rata-rata pretest 31,33 dan nilai rata-rata posttest 75,67. Nilai thitung (-11,842) < ttabel (2,145) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan model pembelajaran Guided Discovery efektif terhadap hasil belajar IPA materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengunaan model pembelajaran Guided Discovery memberikan kontribusi yang cukup signifikan dikarenakan model pembelajaran ini dapat menjadikan siswa lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2022 00:14
Last Modified: 31 Mar 2022 10:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item