STRATEGI KAMPANYE SOSIAL PENCEGAHAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK OLEH DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PELINDUNGAN ANAK, DAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA SALATIGA TAHUN 2020-2021

HalimatusSalma, Aidha Safira (2022) STRATEGI KAMPANYE SOSIAL PENCEGAHAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK OLEH DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PELINDUNGAN ANAK, DAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA SALATIGA TAHUN 2020-2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi AIDHA Fix lagiiii-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Masayarakat dan Keluarga Berencana dalam mensuksekan pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Masayarakat dan Keluarga Berencana dalam mensuksekan pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak. Sedangkan sumber sekunder yang didapat berupa foto-foto yang berkaitan dengan judul penelitian, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, bahwa 1. Maraknya kasus kekerasan pada perempuan dan anak di respon baik oleh DP3AP2KB,hal tersebut disepakati oleh PPA Polres Salatiga, IAIN Salatiga dan Forum anak Salatiga 2. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya kasus tersebut faktor utamanya yaitu faktor ekonomi. 3. Dp3AP2KB dalam penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak cepat tanggap dan baik. 4. Strategi kampanye sosial yang dilakukan oleh DP3AP2KB antara lain sosialisasi, gerakan sosial anti kekerasan pada perempuan dan anak, pemasangan pamflet tetang pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak, patroli keliling Kota Salatiga, siaran di Radio Suara Salatiga dalam upaya pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak, aktif di media sosial. 5. Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam strategi kampanye sosial. 6. Stakeholder DP3AP2KB diantaranya adalah PPA Polres Salatiga, IAIN Salatiga, Forum anak Salatiga, Dinas Sosial, RSUD Salatiga, Pengadilan Negeri, Kemenag Salatiga, LSM. 7. Hasil kegiatan DP3AP2KB dan mitra kerja yang berkaitan hampir sama.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2022 16:17
Last Modified: 02 Apr 2022 09:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13382

Actions (login required)

View Item View Item