IMPLEMENTASI LIMA PILAR PENDIDIKAN INDONESIA DI PONDOK PESANTREN AL ITTIHAD PONCOL, DESA POPONGAN, KECAMATAN BRINGIN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

Hasanah, Arfina Ainun (2022) IMPLEMENTASI LIMA PILAR PENDIDIKAN INDONESIA DI PONDOK PESANTREN AL ITTIHAD PONCOL, DESA POPONGAN, KECAMATAN BRINGIN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi word fix kirim-edited.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasanah, Arfina ‘Ainun, 2019 IMPLEMENTASI LIMA PILAR PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL ITTIHAD PONCOL, DESA POPONGAN, KECAMATAN BRINGIN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Lima Pilar Pendidikan, Pondok Pesantren Modern Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi lima pilar pendidikan di pondok pesantren Al Ittihad Poncol. Kemudian, untuk mengetahui faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam proses implementasi lima pilar pendidikan di pondok pesantren Al Ittihad Poncol. Jenis penelitian yang penulis pilih adalah penelitian kualitatif. kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri (Imam, 2013: 81). Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat ilmiah ataupun rekayasa manusia. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Adapun hasil penelitian mengenai implementasi lima pilar pendidikan di pondok pesantren Al Ittihad Poncol yaitu keberadaan pondok pesantren merupakan solusi lengkap untuk menggabungkan antara teknologi dengan agama. Hal ini didukung dengan adanya impementasi lima pilar pendidikan Indonesia. Dalam lima pilar pendidikan yang diterapkan tersebut meliputi pembelajaran untuk mengetahui, belajar untuk berbuat atau melakukan sesuatu, belajar untuk mengamalkan ilmu yang didapat, belajar untuk hidup bersama dengan lingkungan serta belajar untuk percaya kepada Tuhan yang maha Esa. Keberadaan pondok pesantren merupakan solusi lengkap untuk menggabungkan antara teknologi dengan agama. Hal ini didukung dengan adanya impementasi lima pilar pendidikan Indonesia. Dalam lima pilar pendidikan yang diterapkan tersebut meliputi pembelajaran untuk mengetahui, belajar untuk berbuat atau melakukan sesuatu, belajar untuk mengamalkan ilmu yang didapat, belajar untuk hidup bersama dengan lingkungan serta belajar untuk percaya kepada Tuhan yang maha Esa. Adapun faktor pendukung yang mempercepat impementasi yaitu warga sekitar serta orang tua santri yang sangat mendukung, kelengkapan teori ilmu yang lengkap, serta banyaknya soft skill dan hard skill yang ditambahkan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2022 21:44
Last Modified: 14 Apr 2022 05:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item