ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER INFORMATIF BERBASIS FEED INSTAGRAM PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ROOSYIDIIN, MUHAMMAD NAUFAL 'ARIIQ (2022) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER INFORMATIF BERBASIS FEED INSTAGRAM PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MUHAMMAD NAUFAL 'ARIIQ ROOSYIDIIN 23060170063.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis minat belajar siswa kelas VIII dengan menggunakan media poster informatif berbasis feed instagram sebagai sumber belajar pada materi sistem pencernaan manusia, dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dan siswa dalam penggunaan media poster informatif berbasis feed instagram sebagai sumber belajar pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar angket, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik analisis data angket menggunakan analisis deskriptif. Pengecakan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis minat belajar siswa kelas VIII dengan menggunakan media poster informatif berbasis feed instagram sebagai sumber belajar pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan kategori yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket minat belajar siswa dengan jumlah responden 10 siswa berada pada kategori sangat tinggi dilihat berdasarkan rata-rata skor jawaban sebesar 82,17%, dengan hasil indikator aspek minat belajar perasaan senang sebesar 83,8%, ketertarikan siswa 80,3%, perhatian siswa 83,3%, dan keterlibatan siswa 81,3%. Kendala yang dihadapi guru yaitu keterbatasan secara fisiknya alat yang dipakai sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mengamati secara mandiri pada materi yang disajikan, dan keterbatasan akses internet. Kendala yang dihadapi siswa diantaranya terkendala ada siswa yang tidak memiliki HP sendiri, bahkan orang tuanya tidak memiliki HP, keterbatasan akses internet dan jaringan sinyal yang tidak baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2022 12:38
Last Modified: 21 Apr 2022 11:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item View Item