MODEL PESAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @hanan_attaki DALAM KONTEN DAKWAH #ONEMINUTEBOOSTER (STUDI ANALISIS KONTEN DAKWAH BIL HAL, BIL LISAN, BIL QALAM)

nurlida, Virya (2022) MODEL PESAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @hanan_attaki DALAM KONTEN DAKWAH #ONEMINUTEBOOSTER (STUDI ANALISIS KONTEN DAKWAH BIL HAL, BIL LISAN, BIL QALAM). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FIX Virya Nurlida print.pdf

Download (1MB)

Abstract

perkembangan media sosial sebagai sarana dalam berdakwah dan untuk memahami pesan dakwah serta makna apa saja yang terkandung dalam konten dakwah instagram @hanan_attaki. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai unggahan di instagram @hanan_attaki tentang konten dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang terkandung pada akun instagram @hanan_attaki pada konten dakwah #oneminutebooster, dan bagaimana bentuk model pesan dakwah Bil Lisan, Bil Hal, dan Bil Qalam yang terdapat di akun instagram @hanan_attaki pada konten dakwah #oneminutebooster. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari konten dakwah instagram @hanan_attaki pada konten #oneminutebooster yang diambil ada 6 postingan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis melalui reduksi data, keabsahan data melalui trianggulasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Pesan dakwah Aqidah (menyampaikan tentang sikap ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangannya), pesan dakwah Akhlak (menyampaikan tentang sikap tawakal, berserah diri dan selalu berkata yang baik), pesan dakwah Syariah (meyampaikan tentang sikap istiqamah dan mengerjakan kewajiban yang Allah SWT perintahkan). 2) Model pesan dakwah bil lisan (mengunggah konten video dakwah menggunakan Instagram video), bil hal (mengunggah kegiatan amal pada fitur Instagram foto), bil qalam (menulis konten dakwah melalui fitur Instagram foto dan Instagram caption).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2022 15:36
Last Modified: 19 Apr 2022 08:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item View Item