Strategi Dakwah Ustzah Siti Nurrochmah dalam Meluruskan Penyimpangan Akidah Islam di Desa Wonoboyo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo.

utari, Tri (2022) Strategi Dakwah Ustzah Siti Nurrochmah dalam Meluruskan Penyimpangan Akidah Islam di Desa Wonoboyo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI TRI UTARI REVISI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Utari, Tri. 2022. Strategi Dakwah Ustazah Siti Nurrochmah Dalam Meluruskan Penyimpangan Akidah Islam di Desa Wonoboyo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Skripsi, Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Dakwah, Ustazah Siti Nurrochmah, Penyimpangan Akidah Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah Ustazah Siti Nurrochmah dalam meluruskan penyimpangan akidah Islam di Desa Wonoboyo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi Ustadzah Siti Nurrochmah dalam meluruskan penyimpangan akidah Islam di Desa Wonoboyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari Ustazah Siti Nurrochmah, Kepala Desa Wonoboyo, dan masyarakat Desa Wonoboyo, dan sumber sekunder berupa foto-foto terkait penyimpangan akidah Islam dan pelaksanaan program kegiatan strategi dakwah Ustadzah Siti Nurrochmah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dakwah yang digunakan Ustazah Siti Nurrochmah tepat sasaran dan dapat menumbuhkan keimanan masyarakat Desa Wonoboyo. Adapun strategi dakwah yang digunakan Ustadzah Siti Nurrochmah antara lain: 1) Menggabungkna tradisi dengan kegiatan Islami, 2) Berceramah menggunakan kitab kuning, 3) mendakwahi sesepuh dukun, 4) Istiqomah dan berpegang teguh untuk berdakwah. Kemudian faktor pendukung dakwah Ustazah Siti Nurrochmah dengan adanya bantuan dari pemerintah desa yang memberikan arahan agar membuka diri dan menerima dakwah Ustazah Siti Nurrochmah dan dari faktor penghambatnya yaitu penolakan dari masyarakat karena masih mempercayai nenek moyangnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2022 20:50
Last Modified: 19 Apr 2022 13:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item View Item