PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA “KOSTUM BEKAS KARDUS (KOBEKA)” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

munjiyati, (2022) PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA “KOSTUM BEKAS KARDUS (KOBEKA)” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MUNJIYATI 23060170080 - TADRIS IPA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan dari metode Role Playing dengan berbantu media (Kobeka) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan dan bagaimana pengaruh metode Role Playing dengan berbantu media (Kobeka) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan rancangan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling dari siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan metode Role Playing berbantu media (Kobeka) dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pilihan ganda dengan metode pengambilan data berupa pretest dan posttest. Pada teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis berupa koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji koefisien korelasi di dapatkan hasil sebesar 0,707 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, maka dengan ini dapat diketahui bahwa terdapat hubungan metode Role Playing berbantu media (Kobeka) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan dengan memiliki kategori hubungan yang kuat. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi posttest eksperimen sebesar 0,001 < 0,05, diketahui juga nilai a 1,850 dan nilai b 0,561 yaitu setiap kenaikan 1% metode Role Playing akan meningkatkan 0,561 hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil tersebut, persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=1,850+0,561 X, dan pengaruhnya sebesar 32,3%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing berbantu media Kostum Bekas Kardus (Kobeka) berpengaruh pada mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 May 2022 00:13
Last Modified: 11 May 2022 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13492

Actions (login required)

View Item View Item