Gajsbeiwjhs

Fadilah, Laela Rohmatul (2022) Gajsbeiwjhs. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan bapak Ahmad Salafudin selaku guru mata pelajaran IPA kelas VIII B SMPIT At-Taqwa Grabag bahwa guru belum menggunakan variasi metode pembelajaran karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPIT At-Taqwa Grabag Kabupaten Magelang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match di siklus I pertemuan pertama sebesar 42,5% sedangkan di pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 47,5%. Siklus II pertemuan pertama dengan peningkatan sebesar 55% dan pada pertemuan kedua sebesar 60%. Siklus III pertemuan pertama sebesar 75% dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 85%. Hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII B SMPIT At-Taqwa Grabag Kabupaten Magelang pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa dan belum tuntas 25 siswa dengan persentase 16% dengan nilai rata-rata sebesar 53,67. Siklus II menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan persentase 50% dan rata-rata nilai sebesar 66,83. Siklus III menunjukkan peningkatan yang tinggi dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan belum tuntas 4 siswa dengan nilai rata-rata sebesar 82,67 sehingga menghasilkan persentase ketuntasan belajar sebesar 86%. Sehingga hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make a Match sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85%. Hal ini membuktikan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang baik pada setiap siklusnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 May 2022 17:30
Last Modified: 12 May 2022 10:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item