PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING PADA KELAS V DI MI YASPI MUNENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021)

fatmawati, (2022) PERAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING PADA KELAS V DI MI YASPI MUNENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Fatmawati 23040170178.pdf

Download (968kB)

Abstract

ABSTRAK Fatmawati. 2021. Peran Guru dalam Manajeman Kelas( Studi Kasus Peningkatan Pembelajran IPA Secara Daring Kelas V di MI Yaspi Muneng 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci : manajeman kelas, peran guru, pembelajran ipa secara daring Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui peran guru dalam manajemen kelas untuk meningkatkan pembelajarann IPA secara Daring pada siswa kelas V di MI Yaspi Muneng. 2) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan peran guru dalam meningkatkan Pembelajaran IPA Secara Daring kelas V di MI Yaspi Muneng Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan penelitian ini sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknis analisis interaktif dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data dengan triangulasi data. ` Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peran guru dalam manajeman kelas untuk meningkatkan pembelajaran di MI Yaspi Muneng Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Tingkat keberhasilan peran guru dalam meningkatkan pembelajaran IPA secara Daring yaitu proses evaluasi yang diterapkan sekolah untuk pesera didik dilakukan secara daring sepenuhnya, Hasil pembelajaran daring dari nilai akhir menunjukan seluruh peserata didik telah melampaui nilai KKM sekolah 65 dengan sebanyak 20 anak dengan nilai rata rata hasil belajar peserta didik 79 maka dapat dikatakan berhasil karena 100% peserta didik telah lulus dari standar minimum yang di terapkan di MI Yaspi Muneng.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 May 2022 14:32
Last Modified: 21 Jun 2022 10:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13511

Actions (login required)

View Item View Item