PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SEPAKUNG KECAMATAN BANYUBIRUKABUPATENSEMARANG TAHUN 2015

Nugroho, Walid Maula (2016) PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SEPAKUNG KECAMATAN BANYUBIRUKABUPATENSEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI 11109041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini ada 2 hal meliputi: 1). Bagaimana mutu pendidikan di MTs Nurul Huda Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun 2015? dan 2). Bagaimana peran komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Nurul Huda Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun 2015? Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk keabsahan datanya dicek menggunakan teknik triangulasi,menggunakan bahan refrensi, dan member check. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Mutu pendidikan di MTs Nurul Huda Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2015 dapat dilhat dari segi input,proses dan outputnya. Kedua, peran komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Nurul Huda Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2015, meliputi: 1) Sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency): Komite MTs Nurul Huda Sepakung sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya dalam setiap rencana danprogram yang disusun oleh sekolah, misalnya dalam hal rehab sarana dan gedungyang rusak, melakukan perbaikan mushalla, pengadaan peralatan peraga dan rencana pembangunan laboratorium Bahasa. Selain itu, komite sekolah juga memberikan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan RAPBS, memberikan pertimbangan dalam pelaksanaan proses pengelolaan pendidikan di sekolah dan mengidentifikasi sumber daya pendidikan yang ada dalam masyarakat untuk dapat dipertimbangkan dan diperbantukan di sekolah. 2) Sebagai pendukung (supporting agency): peran komite sekolah sebagai badan pendukung bagi penyelenggaraan dan upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Nurul Huda Sepakung ini berupa dukungan finansial, tenaga, dan dukungan fikiran. 3) Sebagai pengontrol (controlling agency): komite sekolah di MTs Nurul Huda Sepakung melakukan kontrol terhadap pengambilan keputusan dan perencanaan pendidikan di sekolah, di samping alokasi dana dan sumber daya bagi pelaksanaan program di sekolah. Komite sekolah juga melakukan fungsi kontrolnya terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah yang dilihat dari mutu output pendidikan. 4) sebagai mediator: Komite sekolah di MTs Nurul Huda Sepakung ini banyak memberi manfaat, yang mana dengan adanya komite sekolah, aspirasi siswa dan orang tua dapat tersalurkan dan terwakilkan. Selain itu, pihak sekolah juga selalu mendapat supportdari komite sekolah agar terus dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:45
Last Modified: 23 Mar 2017 02:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item