HUBUNGAN POLA ASUH PONDOK PESANTREN DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta)

RizqiR, Amalina (2016) HUBUNGAN POLA ASUH PONDOK PESANTREN DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta). Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi jadi satu.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui hubungan pola asuh pondok pesantren dengan pembentukan karakter santriwati di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam surakarta. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola Asuh yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dalam pembentukan karakter santriwati. (2) Bagaimanakah pembentukan karakter santriwati Pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. (3) Adakah hubungan antara pola asuh di Pondok pesantren Ta’mirul Surakarta dengan pembentukan karakter santriwati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah definisi, pengukuran, data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel santriwati yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survey untuk menentukan frekuensi dan prosentase tanggapan mereka. Kami mengambil hipotesa “Ada hubungan antara Pola Asuh Pondok Pesantren dengan pembentukan karakter santriwati”. Dan mendapatkan data dari hasil angket yang telah diisi oleh para santriwati pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa ketiga pola asuh itu baik, tetapi pola asuh Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta yang digunakan lebih cenderung kepada pola asuh demokratis. Dengan penerapan pola asuh tersebut dapat membentuk karakter santriwati menjadi insan kamil yang berakhlakul karimah, berdispin tinggi, dan memiliki rasa sosial tinggi (ukhwah Islamiyah). Jika Pola Asuh demokrasi tinggi, maka pembentukan karakter santriwati semakin tinggi pula. Disamping penerapan 3 tipe pola asuh, terdapat pola asuh yang khas di Podok Pesantren, yaitu sikap tawadhu dan keikhlasan terhadap Kyai atau pimpinan pondok pesantren dan para asatidz/ustdahnya. Pondok Ta’mirul Islam juga mempunyai panca jiwa pondok yang menjadi ruh pondok dalam setiap aktivitas sehari-harinya. Panca jiwa tersebut yaitu tentang jiwa keikhlasan, jiwa kesadaran, jiwa kesederhanaan, jiwa keteladanan, jiwa kasih sayang. Maka dari itu, diperlukan peran penting pengasuh pondok pesantren sebagai faktor eksternal untuk mendorong pembentukan karakter santriwati Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:53
Last Modified: 23 Mar 2017 02:53
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item