Konsep Life Skills dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Mas'ud,M.Pd.I., Muhammad (2022) Konsep Life Skills dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah.

[img] Text
1279-2618-1-SM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah sebagai upaya untuk memanusiakan manusia. Pengembangan potensi peserta didik secara utuh serta tuntutan kondisi lingkungan peserta didik untuk hidup atau memiliki kecakapan hidup (life skill) merupakan salah satu bentuk upaya memanusiakan manusia searah dengan tujuan pendidikan. Untuk mencapai atau mengembangkan kecakapan hidup tersebut, maka dibutuhkan pendidikan yang berorientasi pada pencapaian atau pengembangan kecakapan hidup (pendidikan kecakapan hidup). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Desain pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus. 2. Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus. 3. Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan menyatakan bahwa dalam desain pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus: Aspek-aspek kecakapan hidup yang akan dikembangkan diintegrasikan dan merupakan bagian dari kompetensi dasar yang harus diupayakan tercapai bersamaan dengan pencapaian kecakapan yang bersumber dari substansi pokok bahasan pelajaran Bahasa Arab yang dituangkan ke dalam bentuk Prota, Promes, Pemetaan SK dan KD, Silabus, dan RPP. Dalam implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus; sesuai dengan tingkat fisiologis dan psikologis siswa pada tingkat MI, hal ini ditekankan pada usaha untuk mengembangkan kecakapan generik yaitu kecakapan personal dan kecakapan sosial. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (Life Skill) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus antara lain yaitu: (1) Program keagamaan Madrasah (2) Program Pengembangan Diri di Madrasah. (3) Program Pengembangan Budaya Madrasah. (4) Sebagian besar siswa belajar di madrasah Diniyyah/TPQ. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus, antara lain: (1) Minimnya dana dan fasilitas yang dimiliki. (2) Para pendidik kurang termotivasi untuk kreatif dan inovatif dalam menggunakan dan mengembangkan strategi pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 May 2022 20:44
Last Modified: 25 May 2022 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item View Item