Pengaruh Pengalaman dan Kapabilitas Pembelajaran terhadap Kemampuan Mengintegrasikan SUmber Daya Lembaga Keuangan Syariah

Nabhan, Faqih (2022) Pengaruh Pengalaman dan Kapabilitas Pembelajaran terhadap Kemampuan Mengintegrasikan SUmber Daya Lembaga Keuangan Syariah.

[img] Text
RISET PENGARUH PENGALAMAN DAN KAPABILITAS PEMBELAJARAN _2013-dikonversi.pdf

Download (537kB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kapabilitas pembelajaran dan pengalaman kolaborasi terhadap kemampuan mengintegrasikan sumber daya unggul kolaborasi. Melalui telaah teoritis mendalam diharapkan diperoleh sebuah bukti mengenai pengaruh pengalaman dan kapabilitas pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengintegrasikan sumberdaya dalam kerjasama kolaborasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di Jawa Tengah dengan sampel 203 responden yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Responden adalah manajer Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dengan tertutup. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan kapabilitas pembelajaran dan pengalaman berkolaborasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengintegrasikan sumberdaya unggul anggota kerjasama kolaborasi. Temuan teoritis dari penelitian ini adalah (1) memberikan dukungan terhadap teori resource based view, teori interorganizational relationship, teori interfirms collaboration, teori organisasi, teori keefektifan organisasi, teori inovasi, konsep co-operatives dan konsep syariah. Kata kunci: kapabilitas integrasi, kolaborasi, pembelajaran dan koperasi syariah.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 May 2022 06:55
Last Modified: 30 May 2022 06:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item