PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TRANSPORTASI MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI BONOMERTO KEC. SURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ikhwan, Muhammad Nur (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TRANSPORTASI MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI BONOMERTO KEC. SURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pendidikan telah diupayakan melalui peningkatan kualitas tenaga pendidik, pengelolaan satuan pengajaran dan pemanfaatan pembelajaran yang digunakan. Namun kenyataannya belum memperlihatkan hasil yang optimal. Kondisi ini disebabkan kurang efektifnya pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik yang berakibat ketidaknyamanan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi transportasi bagi siswa kelas IV semester II MI Bonomerto Kec. Suruh Tahun Pelajaran 2015/2016? Apakah pendekatan SAVI dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran IPS materi transportasi bagi siswa kelas IV semester II MI Bonomerto Kec. Suruh Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi transportasi pada siswa kelas IV semester II MI Bonomerto Kec. Suruh tahun pelajaran 2015/2016 dibuktikan dengan berdasarkan data yang di peroleh, skor persentase rata-rata siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata postest adalah 61,33 dengan persentse 40%, adapun nilai rata-rata postest pada siklus kedua adalah 72 dengan persentasi 66,66%. Sedangkan pada siklus ketiga nilai rata-rata posttest adalah 84 dengan persentase 86,66%. Maka, penelitian ini dicukupkan pada siklus ketiga karena keterbatasan waktu bagi peneliti dan hasil postest pada siklus ketiga sudah mencapai keberhasilan dengan kategori ”Baik”. Dikatakan demikian karena sudah diatas dengan standar KKM yaitu 65

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:29
Last Modified: 23 Mar 2017 03:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item