PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG), ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), SHARIA COMPLIANCE (PSR, IsIR) DAN INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (ROA) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2020)

Triyani, Anisa Meli (2022) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE (ICG), ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), SHARIA COMPLIANCE (PSR, IsIR) DAN INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (ROA) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ANISA MELI TRIYANI_63010170117_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Islamic Corporate Governance (ICG), Islamic Social Reporting (ISR), Sharia Compliance (PSR, IsIR) dan Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan (ROA) dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2015-2020). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berbentuk data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 54 sampel yang terdiri dari data tahunan 9 bank umum syariah yang terdaftar di OJK pada periode 2015-2020. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh masing-masing website bank umum syariah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat bantu aplikasi eviews 10 version. Alat analisis data yang digunakan yaitu meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioner, uji regresi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan Moderat Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ICG berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, Sharia Compliance yang diukur menggunakan PSR berpengaruh Positif dan signifikan terhadap ROA, ISR, Sharia Compliance yang di ukur menggunakan IsIR, Intellectual Capital, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap ROA. Secara simultan ICG, ISR, Sharia Compliance (PSR, IsIR), Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap ROA. Ukuran Perusahaan mampu memoderasi pengaruh ICG, Sharia Compliance (PSR, IsIR) terhadap ROA. Namun tidak mampu memoderasi pengaruh ISR dan Intellectual Capital terhadap ROA.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2022 15:03
Last Modified: 16 Jun 2022 15:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item