EFEKTIVITAS BIMBINGAN TERAPI SABAR DENGAN TEKNIK SUFISTIK UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PADA REMAJA DI DESA WARAK KELURAHAN DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA

Herliana, Dhika Fitri (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN TERAPI SABAR DENGAN TEKNIK SUFISTIK UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PADA REMAJA DI DESA WARAK KELURAHAN DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kondisi resiliensi remaja di Desa Warak Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga sebelum diberi terapi sabar 2) untuk mengetahui kondisi resiliensi remaja di Desa Warak Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Setelah diberi terapi sabar 3) untuk mengetahui Efektivitas bimbingan dengan terapi sabar dalam meningkatkan resiliensi remaja di Desa Warak Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan one group pretest and post-test dengan melakukan tes sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi pada subjek. Subjek dalam penelitian ini yaitu remaja Desa Warak Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga dengan populasi 98 dan sampel sebanyak 20 remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diberikan bimbingan terapi sabar dengan teknik sufistik pada remaja diperoleh rata-rata 164,5 atau dalam presentase 82% yang masuk dalam kategori sedang. Dan setelah diberikan layanan bimbingan terapi sabar dengan teknik sufistik memperoleh nilai rata-rata 171,35 atau dalam presentase 86% yang masuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan melalui uji sampel paired t-test yang diperoleh silai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan terapi sabar dengan teknik sufistik terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2022 18:35
Last Modified: 19 Jun 2022 18:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item