ANALISIS HUKUM ISLAM DAN KEPMENSOS RI NOMOR 54/HUK/2020 TERHADAP PENDISTRIBUSIAN BANTUAN SOSIAL COVID-19 (Studi Kasus di Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang)

Rajavee, Zahindar Azmy (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM DAN KEPMENSOS RI NOMOR 54/HUK/2020 TERHADAP PENDISTRIBUSIAN BANTUAN SOSIAL COVID-19 (Studi Kasus di Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Zahindar Azmy R (33020180149).pdf

Download (2MB)

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 membuat seluruh negara cemas dan khawatir. Di Indonesia sendiri, penyebaran virus Covid-19 merupakan suatu bentuk dari bencana nasional dan memberikan dampak pada perekonomian Indonesia dan mengakibatkan kemiskinan warga negara Indonesia yang terus meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut maka pemerintah melakukan berbagai upaya dan skema bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, dan pendistribusian tersebut diharap dapat dilaksanakan dengan adil dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hukum Islam dan KEPMENSOS RI Nomor 54/HUK/2020 terhadap pelaksanaan pendistribusian bantuan sosial Covid-19 di Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan, serta menggunakan metode komparatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data triangulasi dengan cara membandingkan hasil wawancara/observasi terhadap objek penelitian. Untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data dari luar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendistribusian bansos Covid-19 di Desa Jombor belum sepenuhnya memenuhi standar pemberian dan dinilai belum merata. Namun masih terdapat upaya dari pemerintah desa untuk menciptakan pemerataan pendistribusian bansos Covid-19 di desa Jombor. (2) Dapat pendistribusian bansos Covid-19 masih terdapat faktor penghambat, salah satunya masih terdapat protes dari masyarakat. Hal tersebut karena tidak adanya pembaharuan data sesuai dengan kondisi masyarakat. (3) Pendistribusian dana bansos di Desa Jombor ditinjau dari hukum Islam meliputi : a) Sudah menghendaki kebebasan. Namun, belum sepenuhnya melaksanakan distribusi yang berkeadilan; b) Pendistribusian bansos Covid-19 sejalan dengan Maqashid Syariah untuk melindungi jiwa (nafs), akal (aql) dan harta (mal) serta termasuk tingkatan kebutuhan dharuriyat; c) Pemerintah Desa telah mengemban amanah dengan baik. Sedangkan pelaksanaan pendistribusian bansos Covid-19 di Desa Jombor ditinjau dengan KEPMENSOS RI Nomor 54/HUK/2020 telah berjalan dengan lancar dan baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 19:05
Last Modified: 20 Jun 2022 12:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item