Peran Manajemen Media Studio Pembelajaran Daring Dalam Menunjang Pembelajaran Online Di SD Muhammadiyah PLUs Salatiga

Rochani, Siti (2022) Peran Manajemen Media Studio Pembelajaran Daring Dalam Menunjang Pembelajaran Online Di SD Muhammadiyah PLUs Salatiga. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI ROCHANI 23040170031 All Oke.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rochani,Siti. 2021. Peran Manajemen Media Studio Pembelajaran Daring dalam Menunjang Pembelajaran Online di SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtiaiyah. Institut Agama Islam Salatiga. Pembimbing Dr. H. Rahmat Haryadi, M.Pd. Kata Kunci: Peran Manajemen Media Studio Pembelajaran Daring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manajemen studio pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, (2) Peran studio pembelajaran daring dalam menunjang pemebelajaran online di SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum , guru, siswa dan orang tua siswa, dan sumber sekunder yang berupa dokumen yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Dari hasil penelitian (1) Manajemen studio pembelajaran daring terbagi menjadi 4 (empat) yaitu: (a) Perencanaan (Planing) Sejak adanya masa pandemi Covid-19 SD Muhammadiyah Plus berinovasi untuk dapat mengatasi bagaimana proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Plus pada masa pandemi meskipun kini pembelajaran telah dialihkan ke pembelajaran online itu tetap bisa berjalan dengan baik maka dari yayasan bersama-sama berinisiatif mengubah kelas menjadi sebuah studio pembelajaran daring untuk melancarkan kegiatan belajar mengajar meskipun lewat online. (b) Pengorganisasian (Organizing). Dalam pengorganisasiannya studio pembelajaran daring mempunyai organisasi yang dinamakan Tim Edutaiment, setiap anggotanya mempunyai tugas dan perannya masing-masing dalam suatu project, pembuatan video pembelajaran, maupun program acara khusus yang ada di SD Muhammadiyah Plus. Dalam tim edutaiment ini diantaranya terdapat : Principal, Director, CO Director, Producer, News Writer, Content Creator, Videographer, Disigner. (c) Pelaksanaan (Actuating) Dalam pelaksanaanya semua guru diwajibkan untuk dapat berkarya, tidak ada guru yang tidak berkarya. Dari pelaksanaan penggunaan studio pembelajaran daring setiap guru yang akan menggunakan wajib konfirmasi dan membuat jadwal terlebih dahulu dengan tim edutaiment yang bertugas, dan wajib menyesesuai dengan aturan yang telah diberlakukan. (d) Pengawasan (Evaluasi) Dalam pengawasannya hasil karya-karya guru dan juga siswa yang ikut berpartisipasi dari pemanfaatan studio pembelajaran daring semua dapat dikases melalui akun youtube SD Muhammadiyah Plus Salatiga, terdapat banyak informasi yang bisa didapatkan mulai dari video pembelajaran, berita, acara unggulan, serta kegiatan-kegiatan yang di adakan di SD Muhammadiyah Plus. Untuk memaksimalkan dari penggunaan studio pembelajaran daring sekolah telah melakukan beberapa evaluasi ruang studio pembelajaran agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan disesuikan dengan kebutuhan yang ada. (2) Peran manajemen studio pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Plus Salatiga mempunyai manajemen yang baik sehingga sangat berperan dalam menunjang pembelajarn online pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 17:24
Last Modified: 21 Jun 2022 10:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item