PENGARUH PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN, RELIGIUSITAS DAN KREATIVITAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Sunan Giri)

LAKSONO, WAHID BAYIU (2022) PENGARUH PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN, RELIGIUSITAS DAN KREATIVITAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Sunan Giri). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
WAHID BAYU LAKSONO 63020160087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan kewirausahaan, religiusitas, dan kreativitas terhadap minat berwirausaha dengan menggunakan motivasi sebagai variabel intervening. Temuan utama dalam penelitian ini adalah sejauh mana variabel motivasi dapat memediasi antara variabel bebas dan variabel terikat. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 87 responden dan memakai alat uji SPSS 2016. Analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis yaitu: uji Ftest, uji R2, uji Ttest, dan untuk menguji intervening menggunakan analysis path menggunakan rumus sobel. Hasil penelitian menemukan bahwa: pelatihan kewirausahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, religiusitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, kreativitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha, pelatihan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi, religiusitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap motivasi, kreativitas berpengaruh positikf dan signifikan terhadap motivasi, motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha, motivasi tidak mampu memediasi pengaruh pelatihan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, motivasi tidak mampu memediasi pengaruh religiusitas terhadap minat berwirausaha, motivasi mampu memediasi pengaruh kreativitas terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian, motivasi hanya dapat memediasi kreativitas dengan minat berwirausaha.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 19:24
Last Modified: 21 Jun 2022 19:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item