IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA KOMPETENSI PEDAGOGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

FIKRI, ALFAROBI BRILLIAN (2022) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA KOMPETENSI PEDAGOGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis-Alfarobi Brillian Fikri.pdf

Download (607kB)

Abstract

Fikri, Alfarobi Brillian. (2022). Implementasi Literasi Digital Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge Pada Kompetensi Pedagogi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Tesis. Pembimbing: Dr. Maslikhah, M.Si. Paradigma pendidikan sekarang telah mengubah pola kebiasaan mengajar guru. Pembelajaran yang semula berimplikasi pada aspek pedagogis dan materi. Namun, penyesuaian penggunaan teknologi digital ini menjadi pelengkap guru dalam mengelola pembelajaran. Guru memang harus melakukan suatu terobosan dengan penguasaan pengetahuan yang baik dari segi teknologi, pedagogis, dan juga materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital berbasis TPACK pada kompetensi pedagogi guru MIN 1 Kendal dan MIN Salatiga, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta menemukan solusi madrasah terhadap faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan datanya, meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Implementasi literasi digital berbasis TPACK pada kompetensi pedagogi guru MIN 1 Kendal dan MIN Salatiga, yaitu a) tahap perencanaan, guru merencanakan skenario pembelajaran dengan memanfaatkan Smart TV dan LCD Proyektor sebagai media pembelajaran digital yang dirancang sesuai dengan kondisi kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa; b) tahap pelaksanaan, guru menggunakan pendekatan ilmiah dengan mengawali informasi kekinian melalui media digital yang berupa berita/video dan memanfaatkan konteks lingkungan sekitar untuk mencapai tujuan pembelajaran; c) tahap penilaian, guru melaksanakan penilaian terhadap hasil belajar siswa melalui aplikasi e-Learning madrasah dan aplikasi SCI; 2) Faktor pendukung implementasi literasi digital berbasis TPACK pada kompetensi pedagogi guru MIN 1 Kendal dan MIN Salatiga, yaitu a) madrasah sudah merealisasikan program madrasah digital; b) fasilitas teknologi pembelajaran sudah tersedia; c) semangat guru untuk belajar teknologi; dan d) dukungan orang tua siswa; 3) Faktor penghambat implementasi literasi digital berbasis TPACK pada kompetensi pedagogi guru MIN 1 Kendal dan MIN Salatiga, yaitu a) fasilitas teknologi pembelajaran belum dimaksimalkan oleh guru; b) pembenahan ruang kelas digital yang belum selesai; dan c) program pelatihan digital guru belum terealisasi; dan 4) Solusi MIN 1 Kendal dan MIN Salatiga terhadap faktor penghambat implementasi literasi digital berbasis TPACK pada kompetensi pedagogi guru, yaitu a) pembenahan fasilitas teknologi pembelajaran; b) pembenahan ruang kelas digital; dan c) mengadakan program pengembangan diri madrasah melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), In House Training (IHT), dan Training Of Trainer (TOT) untuk pengembangan kompetensi guru. Kata Kunci: Literasi Digital, TPACK, Kompetensi Pedagogi Guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 19:40
Last Modified: 21 Jun 2022 19:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item