PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPA

Ustadzah, (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
USTADZAH 12020200051.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk Instrumen soal-soal HOTS yang efektif dan efisien. Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas V MI Kumpulrejo 1 dan 2 Salatiga ditambah validasi dari dua ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes (Pretest dan Posttest). Metode pengembangan Instrumen Penilaian kognitif berbasis HOTS dengan Penilaian portofolio menggunakan langkah-langkah Research and development dengan menggunakan desain model 4 D. Langkah-langkah pengembangan tersebut terdiri atas 1) Define (Pendefiisian), 2)Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan ), 4) Dissminate (Penyebaran) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS yang disusun oleh peneliti, dapat meningkatkan prestasi belajar berupa perolehan nilai rata-rata siswa berada diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Kesimpulan tersebut didasarkan pada pengolahan data pre-test sebesar 69,33 dan post-test sebesar 86,67 dengan menggunakan data Paired Samples T- Test dihasilkan data korelasi rata-rata 0,515 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil penghitungan Paired Samples Tes diketahui nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 ˂ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS dengan penilaian portofolio siswa buktinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pre-test dan post-test siswa atau sudah memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di sekolah. Artinya pengembangan instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:09
Last Modified: 23 Jun 2022 13:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13652

Actions (login required)

View Item View Item