IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BIDANG VOKASIONAL DI MI MA'ARIF GRABAG 2 MAGELANG

LESTARI, PRANTI (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BIDANG VOKASIONAL DI MI MA'ARIF GRABAG 2 MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis - Pranti Lestari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lestari, Pranti. 2022. Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup Bidang Vokasional di MI Ma’arif Grabag 2 Magelang. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Muna Erawati, M.Si. Pendidikan kecakapan hidup bagi siswa dilakukan untuk mempelajari bagaimana pengaruh pelatihan kecakapan hidup terhadap harga dirinya. Tujuan dari penelitian ini ialah sebagai berikut: Mengetahui gambaran pembelajaran pendidikan kecakapan hidup bidang vokasional di MI Ma’arif Grabag 2 Magelang. Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan kecakapan hidup bidang vokasional di MI Ma’arif Grabag 2 Magelang. Apa kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan kecakapan hidup bidang vokasional di MI Ma’arif Grabag 2 Magelang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif yang di dasarkan pada penjelasan holistik dan verbal dari fenomena empiris dalam topik penelitian. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik perolehan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah implementasi pendidikan kecakapan hidup bidang vokasional di MI Ma’arif Grabag 2 Magelang Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang meliputi beberapa aspek: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; 2) Faktor-faktor pendukung keberhasilan pembiasaan kecakapan hidup yang ada di MI Ma’arif Grabag 2 Magelang menjalin hubungan kerjasama dengan stakeholder, menerima opini baru yang mendukung, sarana-prasarana yang memadai seperti madrasah memiliki lahan taman kosong yang dapat digunakan untuk mendukung pola belajar kecakapan hidup bidang vokasional; 3) Kendala dalam menerapkan pendidikan kecakapan hidup dari pihak internal madrasah diantaranya adalah masih perlu peningkatan kompetensi guru dalam bidang vokasional, peningkatan kreatifitas guru maupun siswa. Kata Kunci: Implementasi, Kecakapan Hidup, Vokasional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 14:02
Last Modified: 22 Jun 2022 14:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13654

Actions (login required)

View Item View Item