PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MUFRIHAH, FADHILATUL (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FADHILATUL MUFRIHAH_23060170066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik model PBL berbasis SSI; Hasil belajar peserta didik; Pengaruh model PBL berbasis SSI terhadap hasil belajar peserta didik materi suhu dan perubahannya kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling dari peserta didik kelas VII-D 30 siswa dan VII-F 28 siswa. Pengumpulan data melalui test, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test, koefisien korelasi, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Karakteristik model PBL berbasis SSI yaitu pembelajaran yang dihubungkan dengan isu-isu pada kehidupan sehari-hari serta penyajian masalah pada awal pembelajaran. Hasil belajar rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen pretest 29 dan posttest 80 sedangkan kelas kontrol pretest 30 dan posttest 70. Penelitian menunjukkan model pembelajaran PBL berbasis SSI berpengaruh terhadap hasil belajar IPA, dibuktikan dengan uji paired sampel test nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol juga terdapat perbedaan yang signifikan melalui uji Independent Simpel t-Test nilai t hitung (5,151) > t tabel (2,00172) dan P value (0,000) < 0,05. Hasil uji korelasi memiliki nilai 0,856 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Uji regresi linier memiliki nilai sig. 0,000 dengan persamaan regresi Y= 70,080+0,254 artinya berpengaruh sebesar 0,254. Uji koefisien determinasi R Square 0,498 memiliki arti sebanyak 49,8% model PBL barbasis SSI berpengaruh terhadap hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran (PBL) berbasis (SSI) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan perubahannya kelas VII Dharma Lestari salatiga tahun pembelajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 23:47
Last Modified: 22 Jun 2022 23:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item