ANALISIS KEMAMPUAN EKSPLORASI SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI USAHA, PESAWAT SEDERHANA, DAN KERJA OTOT RANGKA KELAS VIII MTS AL-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

wildayanti, Ema sofia (2022) ANALISIS KEMAMPUAN EKSPLORASI SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI USAHA, PESAWAT SEDERHANA, DAN KERJA OTOT RANGKA KELAS VIII MTS AL-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Ema Sofia W_23060170043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan eksplorasi siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi usaha, pesawat sederhana, dan kerja otot rangka kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap dalam penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Eksplorasi melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi usaha, pesawat sederhana, dan kerja otot rangka kelas VIII B dapat menambah kemampuan eksplorasi dan memudahkan siswa dalam memahami materi, serta menjadikan siswa semangat dalam belajar. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi dan dilihat dari beberapa pemberian tugas yang telah diberikan oleh guru saat di sekolah maupun di tempat tinggal siswa dan siswa telah mampu menyelesaikan dengan baik. (2) Faktor penghambat yang dihadapi siswa diantaranya siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas, alokasi waktu jam pelajaran yang minim saat melaksanakan eksplorasi, serta siswa belum terbiasa melakukan eksplorasi, (3) Faktor penghambat yang dihadapi guru diantaranya guru kesulitan dalam memberikan tugas untuk mengaplikasikan jenis pesawat sederhana di tempat tinggal siswa, keterbatasan alokasi waktu jam pelajaran yang minim saat melaksanakan eksplorasi, kurangnya pemahaman siswa saat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta terdapat beberapa siswa yang belum dapat berinteraksi secara aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 23:39
Last Modified: 23 Jun 2022 23:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item