PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 MATERI KEPEMIMPINAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA GLOBE PADA SISWA KELAS VI A MI MA’ARIF GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

, M.Ma'ruf (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 7 MATERI KEPEMIMPINAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA GLOBE PADA SISWA KELAS VI A MI MA’ARIF GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Maruf fix print.pdf

Download (3MB)

Abstract

MA’RUF, M. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kepemimpinan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantu Media Globe Pada Siswa Kelas VI A Semester 2 MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS Materi Kepemimpinan berbantu media Globe pada siswa kelas VI A semester 2 MI Ma’arif Gedangan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelasVI A MI Ma’arif Gedangan yang terdiri dari 17 siswa yaitu 10 laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiapsiklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dan Ketuntasan Individual. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dari semua siswa hanya 29% siswa yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus I menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 41% (7 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 65 sedangkan pada siklus II kriteriaketuntasan klasikal sebesar 88% (15 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 81. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 47%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:56
Last Modified: 23 Jun 2022 20:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item