PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP N 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2021/2022

Umaya, Flora (2022) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP N 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI-FLORA UMAYA-23060170045-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) berbasis etnosains terhadap hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu atau Quasi Eksperimental design dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan soal tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) berbasis etnosains pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bringin tahun ajaran 2021/2022 berdasarkan perhitungan hasil uji t atau independent t-test dengan menggunakan SPSS 26.0 diperoleh nilai thitung > ttabel (5,260 > 2,110) serta nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil analisis korelasi product moment (R) sebesar 0,472 lebih besar dibandingkan dengan tingkat signifikansi 0,05. Nilai R tersebut menunjukkan bahwa keeratan hubungan kedua variabel penelitian berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,048 dan R square sebesar 0,233 yang menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) berbasis etnosains berpengaruh sebesar 22,3% terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bringin dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 18:04
Last Modified: 24 Jun 2022 11:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13670

Actions (login required)

View Item View Item