Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Arah Mata Angin Melalui Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016

Kharismatika, Sayidah (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Arah Mata Angin Melalui Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Sayidah Kharismatika.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemebelajaran IPS pada umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk menghafa lmater ipelajaran, sehingga guru sebagai pengajar haruslah lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Namun masih ada guru yang mengajar secara monoton. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan cenderung pasif dalam pembelajaran akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Arah Mata Angin pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Metode snowball throwing merupakan metode pembelajaran seperti melempar bola salju kepada temannya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi post tes lembar pengamatan dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Arah Mata Angin pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015 / 2016 dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata siswa 64,78 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 anak atau 47,52% dari 23 siswa, pada siklus II mencapai 72,60 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 17 siswa atau 73,26%, dan pada siklus III mencapai 80,87 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 91,87%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:59
Last Modified: 29 Mar 2017 02:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item