PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE PADA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA

Ratnasari, Widia (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE PADA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_WIDIA RATNASARI_12020200054.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Pada Pembelajaran IPA Terintegrasi Ayat Al-Qur’an Materi Panas dan Perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa MI Kota Salatiga. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan kemudian diuji kelayakannya serta direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan / validasi dari ahli media mendapatkan jumlah prosentase rata-rata sebanyak 93,7% atau skor 3.75, ahli materi IPA sebanyak 89,2% atau skor sebesar 3.6, dan ahli tafsir sebanyak 88,3% atau skor sebesar 3.5. Berdasarkan hasil dari masing-masing validator menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis android menggunakan Appy Pie pada pembelajaran IPA terintegrasi ayat al-Qur’an materi panas dan perpindahannya layak untuk digunakan. Efektifitas bahan ajar berbasis android menggunakan Appy Pie pada pembelajaran IPA terintegrasi ayat al-Qur’an materi panas dan perpindahannya ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan postest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan nilai t hitung sebesar 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan signifikan antara data pretest dan postest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis android menggunakan Appy Pie pada pembelajaran IPA terintegrasi ayat al-Qur’an materi panas dan perpindahannya efektif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2022 18:00
Last Modified: 28 Jun 2022 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13699

Actions (login required)

View Item View Item