Implementasi Pembelajaran Sinkronus-Asinkronus pada Mata Pelajaran PAI dan Implikasinya pada Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ungaran Tahun Pelajaran 2021/2022

YANI, LAENY PURNOMO (2022) Implementasi Pembelajaran Sinkronus-Asinkronus pada Mata Pelajaran PAI dan Implikasinya pada Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ungaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JILID TESISLAENY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Laeny Purnomo, Implementasi Pembelajaran Sinkronus-Asinkronus pada Mata Pelajaran PAI dan Implikasinya pada Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ungaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis Program Pascasarjana Institut Agama Islam negeri Salatiga 2022. Pembimbing: Dr. Miftahudin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran Sinkronus-Asinkronus pada Mata Pelajaran PAI. Ada hal utama dalam penelitian ini, yaitu : 1) Implementasi Pembelajaran Sinkronus-Asinkronus pada Mata Pelajaran PAI, 2) Kendala-kendala yang dihadapi, 3) Upaya-upaya yang dilakukan sekolah ( SMA Negeri 1 Ungaran ) untuk mengatasi kendala tersebut. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif untuk menggali data dari Kepala SMA Negeri 1 Ungaran, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, guru PAI, siswa dan orang tua siswa melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Validasi data menggunakan triangulasi sumber data. Temuan hasil penelitian ini, yaitu pembelajaran sinkronus mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Ungaran yaitu virtual synchronous (sinkronus maya), seorang guru dan siswa berada pada tempat yang berbeda dengan pembelajaran menggunakan e-learning, secara virtual melalui zoom meeting/ video conference/chatting. Pembelajaran asinkronus dimana guru dan siswa benar-benar terpisah baik tempat maupun waktunya, pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak ada batas waktu yang ditentukan untuk siswa mendapatkan pengetahuan yaitu guru mengirim materi berupa powerpoint, pdf, video dan tugas berupa word, google form di aplikasi pembelajaran. Materi dan tugas tersebut bisa dibuka oleh siswa kapan saja dan dimana saja, namun pengumpulan/mengirimkan tugas ada tenggat waktunya. . Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya monitoring/pengawasan baik dari guru maupun orang tua, kurangnya kedisiplinan siswa, pemahaman siswa yang berbeda-beda, minimnya sarana dan prasarana, jaringan internet yang tidak memadai. Upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan memberikan bantuan kuota, melakukan home visit, siswa menyelesaikan tugas di sekolah, melakukan pendekatan/ bimbingan konseling, membuat dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan aplikasi yang beragam dengan berbagai fitur di dalamnya. Kata kunci: pembelajaran sinkronus-asinkronus, pembelajaran PAI, motivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2022 14:07
Last Modified: 30 Jun 2022 07:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item