MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA/SMA KOTA SALATIGA

Susapti, Peni (2022) MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA/SMA KOTA SALATIGA.

[img] Text
D.8 Model Evaluasi Pembelajaran Biologi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada beberapa permasalahan dalam pembelajaran Biologi antara lain lemahnya pemahaman konsep, rendahnya motivasi siswa, dan lainnya. Sebagian siswa di MA/SMA Kota Salatiga mengalami kendala dalam memahami konsep dalam pembelajaran Biologi. Untuk dapat memecahkan permasalahan tersebut diperlukan evaluasi pada program pembelajaran Biologi Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sample. Penelitian ini menggunakan sampel siswa dan guru. Sebanyak 100 siswa kelas X dari Madrasah Aliyah Negeri Salatiga, Madrasah As-Surkati Salatiga, SMA Negeri 3 Salatiga, dan SMA Muhammadiyah Plus Salatiga diambil secara acak. Teknik analisis data terdiri dari analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS 17,0 dan Liserel 8,8 dan kualitatif menggunakan analisis deskriptif metode alir Miles Hubermen. Penelitian menyimpulkan bahwa model evaluasi pembelajaran Biologi(EPB), memiliki dua komponen evaluasi program, yakni komponen kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran Biologi. Kualitas pembelajaran Biologi terdiri dari empat komponen, yakni: kinerja guru Biologi, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana pembelajaran, sikap siswa, motivasi belajar, dan kreativitas belajar Biologi, sedangkan hasil pembelajaran Biologi terdiri dari satu komponen yakni: kecakapan akademik. Model EPB memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan evaluasi model lain, yakni: (a) model digunakan untuk mengevaluasi program pelaksanaan pembelajaran Biologi di MA/SMA, (b) tidak tergantung pada pendekatan pembelajaran tertentu, (c) komprehensif, (d) dapat digunakan sebagai evaluasi diagnostik, (e) bersifat terbuka untuk dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini menemukan model evaluasi pembelajaran Biologi yang dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi pimpinan sekolah dan guru serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan program pembelajaran Biologi di MA/SMA.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 17:46
Last Modified: 01 Jul 2022 11:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item