PEMBINAAN PROFESIONALISME DAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTs SUNAN KALIJAGA GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022

Wijayanti, Tri (2022) PEMBINAAN PROFESIONALISME DAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTs SUNAN KALIJAGA GLADAGSARI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PAI-FTIK- TRI WIJAYANTI 23010180125.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui upaya pembinaan profesionalisme dan disiplin kerja guru di MTs Sunan Kalijaga Gladagsari; (2) Untuk mengetahui evaluasi dalam pembinaan profesionalisme dan disiplin kerja guru di MTs Sunan Kalijaga Gladagsari; (3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pembinaan profesionalisme dan disiplin kerja guru di MTs Sunan Kalijaga Gladagsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara untuk memperoleh informasi atau data dari responden yang telah ditentukan, observasi dengan melakukan pengamatan terhadap objek yang diteliti, dan dokumentasi sebagai bukti dari penelitian. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu kepala madrasah dan guru, serta sumber data sekunder yaitu foto hasil observasi dan dokumen-dokumen madrasah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya pembinaan profesionalisme guru di MTs Sunan Kalijaga Gladagsari yaitu menggunakan teknik pembinaan individual di antaranya kegiatan kunjungan kelas dan pertemuan individual; dan pembinaan secara kelompok di antaranya rapat guru, inservice training (pelatihan guru), penugasan panitia penyelenggara, dan tukar menukar pengalaman (sharing experience). Sementara pembinaan disiplin kerja dikakukan melalui beberapa proses yaitu pembuatan peraturan, sosialisasi peraturan, pengawasan, pemeriksaan, dan pendisiplinan; (2) Evaluasi dalam pembinaan profesionalisme guru di antaranya melalui supervisi kelas, evaluasi perangkat pembelajaran, dan evaluasi melalui peserta didik. Sementara evaluasi dalam pembinaan disiplin kerja guru di antaranya melalui evaluasi kelengkapan pembelajaran, evaluasi jurnal mengajar, dan evaluasi kehadiran; (3) Hambatan dalam pembinaan profesionalisme dan disiplin kerja guru di antaranya rendahnya kesadaran guru, kurang efektifnya waktu pelaksanaan, rendahnya penguasaan teknologi, dan kualitas jaringan internet yang tidak memadai. Solusinya yaitu ketegasan pemimpin, pemberian motivasi dan pembinaan agar meningkatnya kesadaran guru, pemilihan waktu di luar kegiatan belajar mengajar, adanya penyuluhan maupun pelatihan berkelanjutan mengenai penggunaan teknologi, dan adanya perbaikan kualitas jarngan internet yang lebih baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2022 19:14
Last Modified: 01 Jul 2022 12:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item