Konsep Pendidikan Karakter Prespektif K.H. Ahmad Dahlan

Khresnaningtyas, Aisyah (2016) Konsep Pendidikan Karakter Prespektif K.H. Ahmad Dahlan. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi_Aisyah Kresnaningtyas 111-12-196.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah konsep K.H. Ahmad Dahlan tentang pendidikan karakter; (2) Bagaimana relevansi Nilai Pendidikan Karakter Kemendiknas dengan Pendidikan Karakter Perspektif K.H. Ahmad Dahlan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah falsafah ajaran K.H. Ahmad Dahlan, sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode Analisis Isi (Content Analysis). Temuan penulis berkaitan dengan pertanyaan yang ada bahwa Pendidikan karakter K.H. Ahmad Dahlan terdapat pada tujuh falsafah dan pesan-pesan beliau,yang didalamnya mengajarkan supaya menjadi manusia yang visioner mampu untuk berfikir kedepan yaitu supaya dapat bahagia dunia dan akherat. Relevansi Pendidikan Karakter K.H. Ahmad Dahlan Dengan Unsur-Unsur Pendidikan Karakter Kemendiknas Diantaranya yaitu, nilai karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggungjawab. Adapun pendidikan Karakter K.H. Ahmad Dahlan dapat mendukung pendidikan karakter Kemendiknas sehingga mampu menciptakan pendidikan karakter yang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:20
Last Modified: 29 Mar 2017 07:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item