PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DAN PEDULI SOSIAL SISWA DI SMA SCIENCE PLUS BAITUL QUR’AN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Arifin, Zainal (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DAN PEDULI SOSIAL SISWA DI SMA SCIENCE PLUS BAITUL QUR’AN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ZAINAL ARIFIN 23010180229.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai Islam Moderat begitu berpengaruh pada pola pikir siswa. Banyak kita lihat kejadian intoleran, kekerasan serta pembrontakan seperti yang ada di Poso, Sampang dan Papua. Belum konflik yang terjadi dalam Agama Islam seperti membid’ahkan hingga mengkafirkan sesama umat Islam. Dengan adanya kerjadian-kejadian tersebut di butuhkan nilai-nilai Islam Moderat yang harus di tanamkan pada siswa supaya terhindar dari perilaku tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen. Dalam Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif meliputi reduksi data, pennyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan Trianggulasi Tekhnik dan Sumber untuk memperoleh data yang valid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Pertama bentuk pembinaan nilai-nilai Islam Moderat di SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen dilakukan dengan beberapa kegiatan. Upacara bendera, kegiatan mentoring setiap pekan lalu pembelajaran mata pelajaran PPKN menjadi bentuk pembinaan Moderasi Islam di SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen.Kedua, pembinaan Peduli Sosial di SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen meliputi beberapa kegiatan. Kegiatan masyarakat yang melibatkan siswa dan sebaliknya seperti menjadi imam tarawih di bulan Ramadhan. Pembiasaan membaca Al Qur’an dan shalat berjamaah sebagai upaya membentuk akhlak mulia siswa supaya memberikan dampak positif pada lingkungan sosial. Ketiga, faktor penghambat dalam Moderasi Islam di SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen meliputi pemikiran siswa yang berbeda-beda terhadap seberapa penting nilai-nilai Islam Moderat ini di terapkan. Beberapa kegiatan dan perilaku siswa yang terkadang membuat masyarakat terganggu menjadi penghambat dari Moderasi Islam di sekolah ini. Keempat, dampak dari Moderasi Islam di SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen meliputi rasa percaya yang di berikan masyarakat kepada siswa maupun tenaga pendidik di SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen dalam dakwah Islam di daerah tersebut. Lalu dampak lainnya siswa menjadi bisa memahami dengan perbedaan yang dimiliki oleh semua orang dan dapat bersifat adil atau berimbang pada semua orang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:18
Last Modified: 03 Jul 2022 20:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13774

Actions (login required)

View Item View Item