PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA POHON LITERASI DI KELOMPOK B RA NURUL FATIMAH NGEMPON BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Putri, Zahra Handayani (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA POHON LITERASI DI KELOMPOK B RA NURUL FATIMAH NGEMPON BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ZAHRA HANDAYANI PUTRI 23050150024 - Copy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Zahra Handayani. 2022. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Pohon Literasi Di Kelompok B RA Nurul Fatimah Ngempon Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing. Muhammad Mas'ud, M.Pd.I Kata kunci: Huruf Hijaiyah Media dan Pohon Literasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan media pohon literasi pada kelompok B RA Nurul Fatimah Ngempon Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang tergabung dalam kelompok B dan berjumlah 15 anak. Berdasarkan paparan diatas dapat diambil beberapa rumusan masalah yaitu apakah pohon litetasi dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B RA Nurul Fatimah Ngempon Bergas Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Alasan peneliti menggunakan metode ini adalah karena penrliti terlibat langsung dalam penelitian sehingga peneliti beriringan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dikelas dan minat belajar anak. Tahap tahap penelitian ini adalah tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pohon literasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di kelompok B RA Nurul Fatimah Ngempon Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Presentase keberhasilan siklus I terdapat 2 anak yang belum berkembang (BB) 10 anak yang mulai berkembang (mb) , dan 3 anak yang berkrmbang sesuai harapan (bsh) dengan pencapaian 45℅. Siklus II terdapat 12 anak berkembang sangat baik (bsb), 3 anak berkembang sesuai hatapan (bsh) . Dari siklus II telah melampaui kritetia ketuntadan yang di teyapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 97% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II ini.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 18:18
Last Modified: 04 Jul 2022 18:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item