STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN DEMAK TAHUN 2022

Rizqia, Ikfi (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN DEMAK TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS IKFI RIZQIA-S2 PGMI 2022-IAIN SALATIGA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rizqia, Ikfi. 2022. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pada Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Demak Tahun 2022. Tesis, Salatiga: Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrahman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada penggunaan TIK, kendala yang dihadapi, serta solusi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam peningkatan kompetensi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala MI Sultan Fatah, Kepala MI Miftahul Huda 2 Turirejo, Kepala MI Nurul Huda Raji dan beberapa perwakilan guru di tiga MI se-Kecamatan Demak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari koleksi data (wawancara dan observasi), reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang dilakukan tiga kepala MI di Kecamatan Demak secara garis besar meliputi penetuan model pembelajaran berbasis TIK yang akan dilaksanakan, perancangan media TIK mulai dari tahap awal hingga penerapan, penguasaan TIK oleh semua tenaga pendidik dan kependidikan melalui seminar dan kepelatihan, pembentukan tim IT di tingkat madrasah, serta pemberian reward bagi guru ataupun tenaga kependidikan dari madrasah sebagai bentuk apresiasi; (2) Kendala yang dihadapi oleh tiga kepala MI di Kecamatan Demak dalam meningkatkan kompotensi pedagogik guru pada penggunaan media pembelajaran berbasis TIK yaitu usia, fasilitas dan sarana prasarana yang kurang memadai di madrasah maupun di ruang kelas, kurangnya keterampilan dan penguasaan guru pada penggunaan perangkat TIK, paradigma pola pikir yang primitif, tingkat profesionalisme guru belum maksimal, dan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK yang belum mendukung; (3) Solusi yang dilakukan secara keseluruhan dalam peningkatan kompotensi pedagogik guru pada penggunaan media pembelajaran berbasis TIK yaitu melakukan pemantauan terhadap kondisi guru, pembentukan tim khusus untuk pemeliharaan dan perawatan fasilitas madrasah, melakukan bimbingan kepada guru untuk memperbaiki media pembelajaran berbasis TIK, memberikan bimbingan khusus kepada guru usia lanjut, meningkatkan profesionalisme guru, serta memberikan penghargaan kepada guru berprestasi. Kata kunci: Strategi kepala madrasah, kompetensi pedagogik, media berbasis TIK, profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 15:12
Last Modified: 05 Jul 2022 15:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item