PENANAMAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS DAN SIKAP TAWADHU PADA SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIEN KALIBENING TINGKIR SALATIGA TAHUN 2020

Nuraisyah, Siti (2022) PENANAMAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS DAN SIKAP TAWADHU PADA SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIEN KALIBENING TINGKIR SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI NURAISYAH 23010150352.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nuraisyah Siti 2020, Penanaman pendidikan demokratis dan sikap tawadhu Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Kota Salatiga Tahun 2022. Sekripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata kunci: Penanaman Pendidikan Demokratis, Sikap Tawadhu Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Kota Salatiga Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) untuk mengetahui Penanaman Pendidikan Demokratis Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien (2) untuk mengetahui Penanaman Sikap Tawadhu’ Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien (3) untuk mengetahui Faktor Penunjang Dan Penghambat Dalam Penanaman Pendidikan Demokratis Dan Sikap Tawadhu’ Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan model analisis, dari reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penanaman Pendidikan Demokratis Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien dilakukan melalui metode klasikal atau salafiyah, pembelajaran yang di tentukan sendiri oleh santri melalui forum musyawarah internal tentunya di sesuaikan dengan karakteristik dan tujuan yang diinginkan. (2) Penanaman Sikap Tawadhu’ Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien dilakukan secara teoritis dan praktis. Secara teoritis melalui kajian-kajian kitab kuning dan secara praktis melalui aktivitas sehari-hari baik dengan sesama santri, ustadz dan warga sekitar (3) Faktor penunjang dan penghambat penanaman pendidikan demokratis dan sikap tawadhu di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien. Berikut merupakan faktor-faktor penunjang pendidikan demokratis (a) Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien merupakan lembaga pendidikan yang memberikan kebebasan santri untuk menentukan sendiri sistem pendidikan yang disukai dan dianggap nyaman oleh santri. (b) Keterbukaan dan keselarasan dengan perkembangan zaman dan psikologis santri sangat di perhatikan oleh pengasuh pondok pesantren (c) Sebagian besar tenaga pendidik juga mengenyam pendidikan yang mumpuni sehingga proses transfer ilmu dan pemahaman terhadap suatu metode pendidikan mudah di terapkan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 16:34
Last Modified: 05 Jul 2022 10:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item View Item