PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN

Nissa, Siti Faizatun (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI FAIZATUN NISSA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran IPS di MI/SD khususnya materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan adalah kurangnya inovasi dalam proses pembelajran daring serta kurangnya media pembelajaran berbasis IT yang mudah digunakan untuk proses pembelajaran daring saat ini. Idealnya untuk mempelajari materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan ini ialah dengan memperhatikan penjelasan dengan di bantu gambar terkait. Namun karena pembelajaran yang terjadi saat ini adalah melalui daring maka diperlukan media yang interaktif, inovatif yang dapat menggantikan peran guru didalamnya. Penelitian ini dilakukan guna mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis IT yang praktis, interaktif, serta inovatif dalam pelajaran IPS khusunya materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan untuk mengimbangi pembelajaran abad 21. Metode penelitian dan pengembangan (R and D) digunakan dalam penelitian ini. Terdiri dari 5 tahapan antara lain yaitu tahap identifikasi sebagai tahap awal untuk menganalisis produk, selanjutnya tahap desain dan pengembangan untuk membuat gambaran awal, tahap evaluasi produk untuk menilai media yang dikembangkan serta melakukan revisi terhadap saran dan masukan dari masing-masing validasi, kemudia tahap uji coba kelompok kecil dengan 5 orang siswa sebagai subjeknya dan melakukan perbaikan, serta yang terakhir adalah tahap uji coba kelompok besar dengan 20 siswa sebagai subjeknya dan produk akhir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk pengembangan multimedia ispring serta keefektifan multimedia ispring dalam pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran ispring memiliki persentase total 93% dalam uji kelompok kecil dan 96% dalam uji kelompok besar. Maka dapat disimpulkan bahwa media ini tergolong kategori sangat efektif. Sedangkan hasil penilaian dari validator mendapat porsentase total 90% dari ahli media dan 99% dari ahli materi. Maka dapat disimpulkan bahwa media ini tergolong kategori sangat layak. Selain itu juga penerapan media ispring mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas menjadi 86,25%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran ispring termasuk kedalam kategori sangat efektif dan sangat layak untuk digunakan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, ispring , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 19:59
Last Modified: 05 Jul 2022 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item