Ketekunan Beribadah dan Keihsanan Sosial Pada Siswa Di Mts Negeri 01 Purworejo Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun 2021

PRATAMA, FIAN BUDI (2022) Ketekunan Beribadah dan Keihsanan Sosial Pada Siswa Di Mts Negeri 01 Purworejo Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FIAN BUDI PRATAMA 23010170167.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Ketekunan Beribadah dan Keihsanan Sosial Pada Siswa Di MTs Negeri 01 Purworejo Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: bagaimana penerapan ketekunan beribadah pada siswa, lalu bagaimana keihsanan sosial pada siswa dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam ketekunan beribadah dan keihsanan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian adalah kepala madrasah, para guru madrasah, orang tua/wali, dan siswa MTs Negeri 01 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan (verivication). Penelitian ini tersusun dari tiga tahap yaitu, tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ketekunan beribadah pada siswa di MTs Negeri 01 Purworejo sudah berjalan dengan baik. Adapun kegiatan yang telah diterapkan adalah diadakannya sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, tadarus Al-Qur‟an, pembacaan asmaul husna, dan hafalan surat-surat pendek. (2) keihsanan sosial pada siswa juga sudah berjalan dengan baik adapun kegiatan yang sudah diterapkan adalah adanya Jum‟at bersih infaq Jum‟at, pengelolaan zakat dan hewan qurban. (3) untuk faktor pendukungnya yaitu dengan adanya segala kegiatan yang sudah memenuhi standar kompetensi, terpantaunya kedisiplinan siswa, juga adanya fasilitas yang cukup memadai. untuk faktor penghambatnya yaitu, adanya pergaulan yang kurang baik, pengaruh lingkungan, latar belakang pendidikan dan orang tua, kurangnya tempat ibadah yang memadai serta banyaknya siswa yang mengikuti boarding school yang terkadang membuat kualahan dalam mengatur para siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 20:38
Last Modified: 05 Jul 2022 20:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item