Pendidikan Agama Islam Pada Anak Nelayan Rawa Pening Di Desa Rowoboni Kabupaten Semarang Tahun 2016

Khuzaimah, Faiz (2016) Pendidikan Agama Islam Pada Anak Nelayan Rawa Pening Di Desa Rowoboni Kabupaten Semarang Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK NELAYAN PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama Islam pada anak nelayan Rawa Pening di Desa Rowoboni. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) bagaimana pendidikan agama Islam pada anak nelayan di Desa Rowoboni. 2) kendala yang dihadapi keluarga dalam pendidikan agama Islam pada anak nelayan di Desa Rowoboni. 3) upaya orang tua memenuhi kebutuhan pendidikan agama Islam anak nelayan di Desa Rowoboni. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptifdengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalah orang tua (ayah atau ibu) dan anak keluarga nelayan. Peneliti membatasi keluarga nelayan yang memiliki anak usia 6-15 tahun yaitu anak usia sekolah dasar dan menengah. Temuanpenelitian menunjukkanbahwa 1) Definisi PAI menurut orang tua nelayan di Desa Rowoboni adalah proses pendidikan berisi pedoman hidup dan nilai-nilai agama Islam yang membimbing serta mengarahkan anak menuju jalan yang benar sesuai ajaran Islam sehingga terwujud perbuatan ihsan terhadap Allah dan orang tua.Tujuan PAI pada anak nelayan adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, mewujudkan generasi yang berakhlak mulia, mendapatkan ketenangan keluarga dan masyarakat, serta mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.Pihak yang terlibat dalam PAI pada anak nelayan adalah orang tua, sekolah, guru-guru diniyah, TPA. Metode PAI yang digunakan adalah dengan mengajari al-qur’an dan akhlak menanamkan tauhid dengan cara mengenalkan sifat-sifat Allah dan Rasul serta penanaman akhlak sejak dini, serta melalui nasehat dan cerita-cerita pada anak. Materi pendidikan agama Islam yang ditanamkan pada anak nelayan adalah zakat, sholat, haji, al-qur’an, tauhid, hadist, hafalan surat, bahasa arab, fikih, thaharah, SKI, dan BTA. 2) Kendala yang dihadapi adalah sikap anak yang malas, sulit dididik serta sulitnya menghafal dan adanya gangguan dari saudara. 3) Upaya yang dilakukan orang tua adalah menasehati dan menceritakan kisah-kisah, mengulang-ulang pelajaran, melaksanakan sistem pemberian reward, dan memberi semangat pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:55
Last Modified: 29 Mar 2017 07:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item