PENGEMBANGAN E- LEARNING BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

HIDAYATI, SRI UTAMI (2022) PENGEMBANGAN E- LEARNING BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_PGMI_SRI UTAMI HIDAYATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Utami Hidayati. 2022. Pengembangan E- learning Berbasis Moodle Pada Pembelajaran Tematik. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Maslikhah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran E- learning berbasis Moodle pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Mangunsari Kota Salatiga sebagai bahan sumber belajar yang memanfaatkan jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Manfaat penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran E- learning berbasis Moodle pada pembelajaran tematik tema 6 cita citaku dikelas IV agar memberikan pembelajaran yang interaktif bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D) yang mengacu pada konsep pemikiran Borg dan Gall yang sudah disesuaikan oleh Sugiyono. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di MI Mangunsari Salatiga. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Obyek penelitian ini Moodle pada pembelajaran tematik tema cita citaku di MI Mangunsari Kota Salatiga. Teknis analisa data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, kuosioner dan tes hasil belajar. Bentuk produk pada penelitian ini adalah Moodle hilemoclassroom sebagai program dengan hasil uji validasi menggunakan t test dengan capaian skor ratarata 60,84 pada saat pretest dan meningkat menjadi rata-rata 73,80 setelah dilaksanakan posttest. Uji Validasi desain oleh ahli IT dan ahli materi diperoleh skor sebesar 45 dengan presentase 90 persen dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi materi diperoleh skor 90 dengan presentase 94 % dengan presentase sangat layak. Sedangkan hasil uji t-test uji paired samples test diperoleh data bahwa α = 0,05 lebih besar dari nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran E- learning berbasis Moodle pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Mangunsari Kota Salatiga. Kata kunci: R&D, E-learning, Moodle, Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 21:20
Last Modified: 05 Jul 2022 21:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item