PEMBINAAN SIKAP TA'AWUN DAN TAWASUTH PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

Suratno, (2022) PEMBINAAN SIKAP TA'AWUN DAN TAWASUTH PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI SURATNO 23010180056.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Suratno. 2022. Pembinaan Sikap Ta’awun dan Tawasuth Pada Siswa di SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata kunci: pembinaan, sikap ta’awun, sikap tawasuth, SMPN 6 Salatiga Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan sikap ta’awun dan tawasuth di SMP Negeri 6 Salatiga. Pertanyaan yang ingin dikaji yaitu: (1) Bagaimana bentuk pembinaan sikap ta’awun dan tawasuth (2) Faktor penunjang dan penghambat pembinaan sikap ta’awun dan tawasuth (3) solusi yang dilakukan untuk meminimalisir faktor penghambat pembinaan sikap ta’awun dan tawasuth. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informasi yang didapatkan melalui kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, penjasorkes dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengetahui keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan (1) Pembinaan ta’awun kepada siswa di dasarkan pada kebaikan dan ketakwaan, sementara pembinaan tawasuth melalui tiga ranah yaitu ruhiyah, aqliyah dan jismiah (2) Faktor pendukung berupa pendidikan yang baik dalam keluarga, kualitas dan kuantitas guru, dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana, dorongan keluarga, dan kesadaran diri. Adapun faktor yang menghambat adalah kegiatan guru yang bertabrakan, kenakalan anak, sikap individual, rasa malas, pemahaman agama orang tua, kemampuan membaca Al-Quran dan karakter siswa. (3) Solusi yang dilakukan evaluasi mingguan, memberikan teladan, punishment, pendekatan pribadi, menjelaskan dalil-dalil keutamaan, internalisasi nilai, dan tutor sebaya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2022 16:49
Last Modified: 08 Jul 2022 09:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item