STUDI MENGENAI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI INDIGENOUS PRODUCT ATTRACTIVENESS: STUDI KASUS UMKM BATIK SURAKARTA

Arianti, Dinda Inti Nur (2022) STUDI MENGENAI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI INDIGENOUS PRODUCT ATTRACTIVENESS: STUDI KASUS UMKM BATIK SURAKARTA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Final Skripsi - Dinda Inti - 063 - MBS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arianti, Dinda Inti Nur. 2022. Studi Mengenai Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Indigenous Product Attractiveness: Studi Kasus UMKM Batik Surakarta. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1 - Manajemen Bisnis Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Yudha Trishananto, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pemasaran dengan variabel independen Kemampuan Inovasi dan Kemampuan Penginderaan Pasar melalui Indigenous Product Attractiveness sebagai variabel intervening di UMKM Batik Surakarta. Penelitian ini lebih menekankan pada sumber daya berdasarkan teori RBV sebagai kekuatan bisnis yang mampu mendukung sumber daya yang berbeda untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer, dengan populasi seluruh pemilik UMKM Batik di Surakarta pada tahun 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau sensus, yaitu diambil dari seluruh populasi sebanyak 99 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara yang dilakukan kepada pelaku UMKM Batik Surakarta pada tahun 2022. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic versi 24. Analisis yang dilakukan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji intervening (path analysis sobel test). Hasil dalam penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, kemampuan penginderaan pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, kemampuan inovasi berpengaruh positif terhadap indigenous product attractiveness, kemampuan penginderaan pasar berpengaruh positif terhadap indigenous product attractiveness, indigenous product attractiveness berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, indigenous product attractiveness terbukti memediasi kemampuan inovasi dan kemampuan penginderaan pasar terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : Kemampuan Inovasi, Kemampuan Penginderaan Pasar, Indigenous Product Attractiveness, Kinerja Pemasaran

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2022 03:44
Last Modified: 13 Jul 2022 10:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item