PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL DAN SPIRITUAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MANAR DESA BENER KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

Arof, Muhammad Itqon Faza (2022) PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL DAN SPIRITUAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MANAR DESA BENER KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MUHAMMAD ITQON FAZA A'ROF 23010150373.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembinaan, Perilaku Sosial,Spiritual dan Pondok Pesantren. Pondok pesantren Al-Manar merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam nonformal yang mengajarkan tentang keagamaan dan kesosialan, karena setiap santri mempunyai latar belakang yang berbeda-berbeda sertaperilaku sosial dan spiritual yang kurang baik. Maka santri memerlukan pembinaan perilaku sosial dan spiritual di pondok agar bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Bagaimana pembinaan perilaku sosial dan spiritual pada santri pondok pesantren Al-Manar bener kab semarang. (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pembinaan perilaku sosial dan spiritual pada santri pondok pesantren Al-Manar Bener Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan cara menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi, data yang telah didapat kemudian dianalisis. Dimana sumber utama dalam penelitian dari pihak yang diwawancarakan adalah pengasuh pondok pesantren, ustadz, santri, alumni, dan masyarakat sekitar yang berada di pondok pesantren Al-Manar. Hasil penelitian skripsi ini:Pertama, Pembinaan yang dilakukan oleh pihak pesantren berkenaan denganperilaku sosial pada santri pondok pesantren AlManar yakni dengan Program dalam beragama dan saling tolong menolong, Program madrasah diniyah, Program beberapa piket pondok pesantren (Roan), Program untuk selalu membiasakan individu pribadi santri untuk saling berkumpul dengan individu santri yang lain baik dari segi sisi yang berbeda; edukasi pengaruh positif dari pribadi maupun kalangan santri seperti mengaji, bermusawaroh, rapat berhubungan dengan kepesntren. Sedangkan perilaku spiritual yaitu mengikuti kegiatan rutinan pesantren seperti mujahadah dan tahlilan setiap hari kamis malam jumat, al-berjanji, dan menunjang nilai-nilai spiritualitas bagi santri itu seperti melaksanakan sholat tahajud, sholat hajat, sholat dhuha, Mengikuti proses pembelajaran sorogan kitab bertitik berat pada kajiankajian kitab kuning karangan ulama’ syafi’iyyah. substansi yang ditekankan adalah nahwu, sorof, fiqih, ushul fiqih, hadits, tafsir, tauhid, tasawuf, dan tarikh.Keduafaktor pendukung perilaku sosial dan spiritual seperti metode pembiasan dan metode pengawasan, Sitem pembelajaran yang dibekali dengan program kegiatanPPL, PKL & KKN. Sedangkan faktor penghambat perilaku sosial dan spiritual masih terdapat santri kurang disiplin, kurang maksimal, respon yang masih rendah, kedekatan santri dengan masyarakat.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:01
Last Modified: 11 Jul 2022 06:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13846

Actions (login required)

View Item View Item