EVALUASI PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASAR KURIKULUM DARURAT DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MADRASAH IBTIDAIYYAH KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Aisah, Siti (2022) EVALUASI PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASAR KURIKULUM DARURAT DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI MADRASAH IBTIDAIYYAH KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS SITI AISAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aisah, Siti, 2022. Evaluasi Pelaksanaan Blended Learning Pada Pembelajaran Tematik berdasar kurikulum darurat dengan model CIPP (Context, input, process, product) di Madrasah Ibtidaiyyah Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, Tesis,Salatiga: Program PascasarjanPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Salatiga. Pembimbing Prof. Dr. Winarno,S.Si, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi bagaimanakah pelaksanaan blended learning pada pembelajaran tematik berdasar kurikulum darurat di Madrasah Ibtidaiyyah Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang mulai dari konteks, input, proses dan produk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif dengan responden Guru Kelas IV dan sebagian Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah sekecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumen dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display/penyajian data dan pengambilan keputusan untuk diverifkasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) evaluasi konteks dan input meliputi perencanaan pengelolaan kelas, pemenuhan kesehatan siswa saat tatap muka, aplikasi dan media pembelajaran, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pemetaan kompetensi dasar, materi esensi, pencapaian tiga ranah pada penyusunan RPP, pemilihan metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran blended learning pada pembelajaran tematik sudah sangat sesuai dengan panduan kurikulum darurat; (2) evaluasi proses meliputi teknik pelaksanaan, tema pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan penilaian pembelajaran blended learning pada pembelajaran tematik juga sudah sesuai dengan panduan kurikulum darurat: (3) Evaluasi product meliputi hasil belajar belajar sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa, respon siswa, dampak bagi guru dan mandrasah menujukkan bahwa pelaksanaan blended learning pada pembelajaran tematik sudah sangat sesuai dengan panduan kurikulum darurat dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 13:15
Last Modified: 12 Jul 2022 13:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item