ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DALAM MEMANFAATKAN TPACK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V

Wafa, Muhammad Amiruddin (2022) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DALAM MEMANFAATKAN TPACK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD AMIRUDDIN WAFA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Memanfaatkan TPACK pada Pembelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Guntur Kabupaten Demak Tahun 2022. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Imam Sutomo, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam memanfaatkan TPACK pada pembelajaran IPA, serta faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam memanfaatkan TPACK yang dilaksanakan di MIN Krandon dan MI Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas V MIN Krandon dan MI Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Data yang diperoleh melalui wawancara pendalaman, observasi pengamatan serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) guru dalam memanfaatkan TPACK pada kompetensi pedagogik pembelajaran IPA, guru dapat memahami karakter peserta didik yang berbeda-beda dengan baik, guru dapat mengembangkan materi pembelajaran serta kegiatan pembelajaran yang menarik, guru mampu mengembangkan bahan ajar melalui teknologi digital, serta membuat media pembelajaran berbasis IT, guru dapat memanfaatkan internet untuk media kebutuhan tugasnya sebagai pendidik, (2) pada kompetensi profesional, guru dalam penguasaan materi dan dapat menyampaikannya dengan baik, menentukan strategi dan model pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didiknya, dalam memanfaatkan TPACK guru mampu mengoprasikan teknologi untuk menyusun rancangan pembelajaran dan dapat mengelola pembelajaran dengan baik, guru mampu mengakses internet guna menyampaikan materi IPA yang digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, (3) faktor penghambat dari pelaksaan kedua kompetensi dalam memanfaatkan TPACK adalah kurang adanya support dalam memberikan motivasi belajar, guru dalam menentukan model dan strategi pembelajaran masih banyak kekurangan, ketersediaan sarana perasarana yang kurang terawat. Faktor pendukung sarana perasarana yang dimiliki kedua Madrasah sudah sangat memadai, pembelajaran berbasis IT dengan terfasilitasi, adanya pelatihan untuk menunjang wawasan guru dalam keilmuan tentang pembelajaran melalui pelatihan workshop yang diadakan di Madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 15:20
Last Modified: 12 Jul 2022 15:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item View Item